Lidar Service Indonesia



Commodities by Investing.com



Our Equipment rental-lidar

orion

  • nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image

Category Archives: News

Tarif Royalti Batu Bara di RI Paling Tinggi se-Dunia

Jakarta -Indonesia merupakan negara yang mengenakan tarif royalti batu bara paling tinggi di dunia yaitu 13,5%. Ini jauh dibandingkan tarif royalti di sektor mineral atau tambang lain.

“Asal tahu saja, royalti batu bara di Indonesia itu paling tinggi di dunia, jauh dibandingkan negara lain yang memiliki produksi batu bara,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Supriana Suhala ditemui di rumah makan kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2014).

Supriana mengungkapkan, sebagai buktinya, royalti batubara di Australia hanya 7%, sedangkan di China royaltinya untuk tambang batu bara bawah tanah mencapai 4%.

“Dari 76 negara yang memiliki batu bara, rata-rata royaltinya hanya 3-7%. Indonesia itu untuk perusahaan PKP2B mencapai 13,5% paling tinggi. Tapi di Indonesia juga ada royalti batu bara di bawah 13,5%, untuk perusahaan batu bara pemegang IUP dikenakan royalti 3%, 5%, dan 7% tergantung kualitas batu baranya,” ungkap Supriana.

Supriana menambahkan, tingginya royalti batu bara jangan disamakan dengan royalti di sektor mineral, contohnya perusahaan Kontrak Karya seperti Freeport, Newmont, Vale, dan lainnya.

“Jangan disamakan dengan Freeport mereka mineral, pajaknya hanya 1%. Kita di Indonesia juga merupakan negara paling tinggi mengenakan pajak pendapatan perusahaan yakni sebesar 45%,” tutupnya.
(rrd/dnl)

Sumber: detik dot com

Ekspor Batu Bara Mentah Berlanjut

BENGKULU – Ekspor hasil pertambangan batu bara yang masih berbahan mentah terus berlanjut hingga kemarin. Meskipun mulai Minggu (12/1) pengusaha maupun pemerintah daerah dilarang mengekspor, kecuali hasil pertambangan tersebut sudah dilakukan pengolahan atau pemurnihan terlebih dahulu.

Menyikapi masalah tersebut Pemda Provinsi belum bisa melakukan penjegahan atau pelarangan ekspor. “Masih terus kan. Belum ada sosialisasi ke daerah. Selain itu belum ada juklak dan juknis (petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis, red),” kata Asisten II Setdaprov Bengkulu, Ir. Edy Waluyo, kemarin.

Saat ditanya wartawan, dia mengaku hingga saat ini Pemda Provinsi belum pernah diundang oleh pemerintah pusat atas kebijakan tersebut. Seperti diketahui Larangan ekspor mineral  dan batu bara mentah tersebut sesuai dengan Pasal 170 UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Pasal itu menyebutkan bahwa pemegang kontrak karya yang sudah berproduksi wajib melakukan pemurnian selambat-lambatnya lima tahun sejak pengesahan UU Minerba tanggal 12 Januari 2009. Artinya, mulai tanggal 12 Januari 2014, bahan tambang mentah yang belum melalui proses pemurnian (ore) tidak bisa diekspor. “Belum ada, bagaimana tindak lanjutnya. Undang – undangnya baru diterapkan kemarin,” tambah Edy Waluyo.

Sementara itu, kemarin digelar rapat koordinasi rencana pembangunan rel kereta api Bengkulu – Muara Enim antara pihak konsorsium dengan Pemda Provinsi Bengkulu di Gedung Daerah Balai Raya Semarak. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur H. Junaidi Hamsyah, S.Ag. M.Pd, diampingi Asisten II Ir. Edy Waluyo, Kadishubkominfo Drs. Eko Agusrianto dan Karo Perekonomian Ismed Lakoni, S.Sos, MM.

Sedangkan dari pihak konsorsium dihadiri langsung oleh Dr. Djoko Soedibyo selaku Presiden Direktur PT Mandela Resources. Dalam kesempetan itu, Gubernur Junaidi Hamsyah berharap proses tender pembangunan rel kereta api dapat segera dilaksanakan. Sehingga pembangunannya juga dapat terwujud. Dia dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan, EE Mangindaan.

“Infrastruktur rel kereta api ini salah satu untuk mempercepat pembangunan dan meningkatan perekonomian. Saya berharap cepat terwujud,” kata Junaidi Hamsyah.

Junaidi Hamsyah juga sempat bertanya, apakah UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara dapat mengganggu pembangunan rel kereta api tersebut. Seperti diketahui, rel kereta api tersebut rencananya lebih banyak mengangkut hasil pertambangan dari Muara Enim dan sekitarnya.

Djoko Soedibyo mendengar pertanyaan Junaidi tersebut memastikan tidak akan terganggu. Kepada wartawan usai rapat, Djoko menjelaskan, kebutuhan dalam negeri atas hasil pertambangan, terutama batu bara sangat besar.

“Tidak jadi masalah, dalam negeri saja kurang, untuk produksi. Kalau ada (rel kereta api,red) kemungkinan besar, semua akan bangun pabrik pengolahan. Termasuk di Bengkulu,” ungkap Djoko.

Rencananya proyek mercesuar tersebut akan ditender pada Juli – Agustus mendatang. Ada 4 hal yang harus disiapkan, diantaranya dokumen tender dan persiapan dari konsorusium. “Pengerjaannya sekitar 5 tahun,” demikian Djoko. (ble)

Sumber: harianrakyatbengkulu dot com

Truk Muat Batu Bara Terguling di Tol Porong Km 35.100

Surabaya – Dump truk bermuatan batu bara terguling di tol Porong km 35.100. Kecelakaan tunggal itu terjadi karena sopir truk bernopol L 9262 UZ itu mengantuk.

“Saya memang ngantuk, tahu-tahu ada suara keras. Dan posisi kendaraan saya sudah terguling,” aku sang sopir, Sakmur kepada detikcom di lokasi, Senin (11/11/2013).

Sakmur menceritakan, truknya saat itu menabrak pembatas tengah jalan (guard rail). Dari arah berlawanan kebetulan ada truk tronton yang tanpa bis amenghindar langsung menabrak truknya. Truk tronton yang dikemudiankan Faris (35), warga Kalisat, Jember, tersebut juga nangkring di atas guard rail meski tak terguling.

Pria 49 tahun itu mengatakan, truk yang disopirinya membawa 30 ton batu bara. Pria warga Jalan Kalimas Baru itu berangkat dari kawasan Oso Wilangon dan rencananya akan menuju Pasuruan. Truk sendiri terguling melintang di atas guard rail. Muatannya yakni batu bara tertumpah ruah ke jalan.

Iptu Sujono, Kanit PJR Tol Jatim 2 mengatakan, arus kendaraan yang dari arah Surabaya menuju Porong mengalami kepadatan 500 meter dari lokasi. Sementara dari arah Malang ke Surabaya juga mengalami kepadatan sampai di jembatan Kali Porong.

Masih kata Sujono, untunglah kecelakaan ini tidak menimbulkan korban. Sopir truk tronton pun hanya mengalami luka ringan saja.

Sumber: Detik dot com

Masih Rugi, Perusahaan Tambang Bakrie Tak Bagi Dividen

Jakarta -PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tidak akan membagikan dividen di tahun ini karena masih mencatatkan kerugian dalam kinerja keuangannya.

Hingga kuartal III-2013, perseroan mencatatkan kerugian sebesar US$377,5 juta. Angka ini turun 40% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 632,5 juta.

“Kami masih mencatat rugi saat ini jadi belum bisa bagi dividen tahun ini,” ujar Head of Investor Relation BUMI Ahmad Reza Wijaya usai public expose di Hotel Aston Epicentrum, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Dia menjelaskan, kerugian tersebut disebabkan oleh masih rendahnya harga batu bara dunia yang bertengger di bawah US$ 70 per ton sehingga belum mampu menutup kerugian di tahun sebelumnya.

“Harga batu bara dunia akan membaik tahun depan, kemungkinan kita akan dapat untung, mudah-mudahan tahun depan bisa bagi dividen,” ujarnya.

Namun, perseroan mencatat kenaikan volume penjualan batu bara sebesar 22,9% dari 47,7 metrik ton pada kuartal III-2013 menjadi 58,6 metrik ton pada kuartal III-2013

Sumber: Detik dot com

Kelebihan dan kekurangan teknologi lidar

Sebuah kutipan email – Rekan R. Raharjo

A.  Walaupun teknologi LiDAR saat ini adalah teknologi yang cukup canggih dalam menyediakan data topo, bisa dijelaskan keunggulan dan kekurangan LiDAR base on your experience pak ?.

Setuju Pak, teknologi makin kesini makin ‘canggih’. Keuntungan dari pemanfaatan teknologi LiDAR dan Photogrammetry untuk pembuatan peta topo antara lain: Read more →

New LiDAR – Orion H300

Jakarta – Untuk melayani permintaan klien yang semakin tinggi, PT Karvak menghadirkan lidar system terbaru ke Indonesia yaitu Orion H300.

Spesifikasi alat sbb:
Operational envelope: 150-4000 m AGL
Laser wavelength: 1064 nm
Horizontal accuracy: 1/5,500 x altitude, 1 σ
Elevation accuracy: <3-15 cm; 1 σ
Effective laser repetition rate: Programmable, 50-300 kHz
Position and orientation system: POS AV™ AP50 (OEM)
Full waveform capture: 12-bit Optech IWD-2 Intelligent Waveform Digitizer (optional)
Power requirements: 28 V; 300 W; 12 A
Camera resolution: 80 Mega Pixel
Camera type: Metric digital, include FMC

wass, lindo

Photogrammetry System

Jakarta – Kami baru saja mendatang satu alat lagi yaitu photogrammetry system. Alat tersebut khusus untuk melayani proyek-proyek yang hanya memerlukan output foto.

System ini terdiri dari:
a. Camera (80MP)
b. IMU (Inertial Meansurement Unit)
c. GPS
d. Gyro
e. FMS (Flight Management System)

LiDAR Promo – Kalimantan & Sumatera

Dear rekan-rekan Miner,

JAKARTA – Kembali kami sampaikan masa promo untuk lidar di:
a. Sumatera
b. Kalimantan
yaitu sampai dengan tanggal 10 Juli 2013. Jika ada area KP rekan-rekan Miner untuk sekalian di lidar, silahkan hubungi kami melalui email: info@lidarindonesia.com atau Hp 08121065050.

Wass. Lindo

Biaya lidar atau harga lidar

Pertanyaan yang selalu disampaikan Owner proyek: “berapa harga lidar per hektar atau km2 ?”

Point-point dalam harga lidar terdiri dari:
1. Perijinan terbang
2. Ground Survey
3. Installasi dan calibration mission
4. Mobilisasi (pergi dan pulang)
5. Akuisisi data
6. Processing (lidar dan photo)
7. Pelaporan

Point 1, 3, 4, 6 dan 7 adalah komponen biaya fix, sedangkan point 2 dan 5 adalah komponen biaya dinamis tergantung kondisi cuaca dilapangan. Dari komponen 1 sampai 7, alokasi biaya yang paling besar adalah pemakaian pesawat dan komponen alat/sensor (laser dan camera) dan berikut nya adalah processing.

Jadi untuk dapat menentukan harga lidar suatu proyek, dibutuhkan informasi AoI (Area of Interest) atau boundary koordinat suatu area. Setelah itu di hitung pemakaian pesawat dalam satuan jam, dengan memasukan nilai biaya point lainnya akan diperoleh biaya total.

Demikian, untuk detail harga per satuan (hektar/km2) silahkan hub:

Email: info@lidarindonesia.com
Hp: 08121065050

Wass., Lindo

LiDAR Promo – Oktober sd Desember ’12

Dear rekan-rekan Miner,

JAKARTA – Berikut kami sampaikan promo bulan Oktober sampai Desember 2012 untuk area:

1. Kalimantan dan sekitarnya
2. Sumatera dan sekitarnya
3. Jawa dan sekitarnya

Jika ada area KP rekan-rekan Miner untuk sekalian di topo dengan teknologi LiDAR, silahkan hubungi kami:

Email: info@lidarindonesia.com
Hp: 08121065050

Wass., Lindo