Lidar Service Indonesia



Commodities by Investing.com



Our Equipment rental-lidar

orion

  • nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image
Bahasa IndonesiaEnglish

Tarif Royalti Batu Bara di RI Paling Tinggi se-Dunia

Jakarta -Indonesia merupakan negara yang mengenakan tarif royalti batu bara paling tinggi di dunia yaitu 13,5%. Ini jauh dibandingkan tarif royalti di sektor mineral atau tambang lain.

“Asal tahu saja, royalti batu bara di Indonesia itu paling tinggi di dunia, jauh dibandingkan negara lain yang memiliki produksi batu bara,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Supriana Suhala ditemui di rumah makan kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2014).

Supriana mengungkapkan, sebagai buktinya, royalti batubara di Australia hanya 7%, sedangkan di China royaltinya untuk tambang batu bara bawah tanah mencapai 4%.

“Dari 76 negara yang memiliki batu bara, rata-rata royaltinya hanya 3-7%. Indonesia itu untuk perusahaan PKP2B mencapai 13,5% paling tinggi. Tapi di Indonesia juga ada royalti batu bara di bawah 13,5%, untuk perusahaan batu bara pemegang IUP dikenakan royalti 3%, 5%, dan 7% tergantung kualitas batu baranya,” ungkap Supriana.

Supriana menambahkan, tingginya royalti batu bara jangan disamakan dengan royalti di sektor mineral, contohnya perusahaan Kontrak Karya seperti Freeport, Newmont, Vale, dan lainnya.

“Jangan disamakan dengan Freeport mereka mineral, pajaknya hanya 1%. Kita di Indonesia juga merupakan negara paling tinggi mengenakan pajak pendapatan perusahaan yakni sebesar 45%,” tutupnya.
(rrd/dnl)

Sumber: detik dot com

Comments are closed.

Post Navigation